Struktur
pasar
Struktur pasar
merupakan penggolongan pasar berdasarkan strukturnya. Dibagi kedalam beberapa
bagian yaitu:
Pasar persaingan
sempurna: Jenis pasar dengan jumlah penjual dan pembeli yang banyak dan produk
yang dijual bersifat homogen. Persaingan akan terjadi apabila penjual dan
pembeli dalam jumlah besar mengadakan saling hubungan secara aktif dengan
maksud memaksimumkan keuntungan dan kepuasan atas dasar harga-harga yang
ditentukan oleh penawaran dan permintaan. Contoh produknya seperti
beras,gandum, dan kentang. Pasar persaingan sempurna memiliki ciri-ciri :
·
Jumlah penjual dan pembeli banyak
·
Barang yang dijual bersifat homogen
·
Penjual bersifat mengambil harga (price
taker)
·
Posisi tawar komsumen kuat
·
Sulit memperoleh keuntungan di atas
rata-rata
·
Sensitif terhadap perubahan harga
·
Mudah untuk masuk dan keluar dari pasar
Pasar persaingan tidak
sempurna yang terdiri atas:
·
Pasar monopoli: Hanya terdapat satu
penjual yang menguasai pasar.
·
Pasar oligopoli: Pasar di mana penawaran
satu jenis barang dikuasai oleh beberapa perusahaan. Umumnya jumlah perusahaan
lebih dari dua tetapi kurang dari sepuluh.
·
Pasar duopoli: Memiliki karakteristik
yang sama dengan oligopoli, namun pada Pasar duopoli hanya ada dua perusahaan.
·
Pasar persaingan monopolistik Bentuk
pasar di mana terdapat banyak produsen yang menghasilkan barang serupa tetapi
memiliki perbedaan dalam beberapa aspek.
·
Pasar monopsoni Jenis pasar dimana hanya
ada satu pembeli.
·
Pasar oligopsoni adalah bentuk pasar
dimana barang yang dihasilkan oleh beberapa perusahaan dan banyak perusahaan
yang bertindak sebagai konsumen.
Pengertian Pasar
Pasar adalah sebagai tempat bertemunya
antara penjual dan pembeli. mereka saling melakukan interaksi dan terjadi tawar
menawar untuk menemukan harga yang disepakati antara penjual dan pembeli dan
uang sebagai alat untuk menukar barang.
1. Pasar Nyata
Tempat bertemunya penjual dan pembeli untuk
melakukan transaksi jual beli barang atau jasa. Dalam hal ini pembeli dan
menjual melakukan transaksi secara langsung. Contoh : pasar tradisional dan
pasar swalayan.
2. Pasar Abstrak
Dalam hal pasar
abstrak,disini jual beli tidak selalu terjadi dipasar saja tapi dalam pasar
abstrak ini kegiatan jual beli bisa dilakukan melalui internet seperti online
shop.
3. Pasar Modernam
Pasar ini bersifat
modern, dimana barang yang ditawarkan sudah harga pas dan tidak bisa ditawar
lagi, tapi kita akan mendapatkan potongan jika ada diskon, pasar mpdernam ini
dapat kita temukan di mall/plaza:
1. Pasar Persaingan Sempurna
Pasar dimana terdapat
banyak penjual dan pembeli dan produk yang diperjual belikan bersifat homogen.
Contoh : pasar hasil
pertanian seperti beras dan sayur mayur.
2. Pasar Persaingan Tidak Sempurna
Bentuk-bentuk pasar
persaingan tidak sempurna:
a. Pasar Monopoli
Pasar monopoli adalah suatu bentuk pasar
di mana hanya terdapat satu penjual yang menguasai pasar. Penentu harga pada
pasar ini adalah seorang penjual atau sering disebut sebagai
"monopolis". apabila permintaan barang banyak maka harga jual akan
naik dan justru sebaliknya.
Ciri-ciri pasar
monopoli yaitu:
1. hanya ada satu
produsen yang menguasai penawaran
2. tidak ada barang
subtitusi/pengganti yang mirip (close substitute)
3. produsen memiliki
kekuatan menetukan harga
4. tidak ada pengusaha
lain yang memasuki pasar tersebut karena ada hambatan berapa keunggulan
perusahaan.
b. Pasar Oligopoli.
Pasar oligopoli adalah
pasar yang hanya terdiri atas beberapa penjual untuk suatu barang tertentu,
sehingga antara penjual yang satu dengan yang lainnya bisa memengaruhi harga.
Contoh: perusahaan
menjual mobil dan sepeda motor, perusahaan
rokok, industri telekomunikasi dan perusahaan semen .
Ciri - ciri pasar
Oligopoli yaitu:
1. Terdapat banyak
penjual/ produsen ya ng menguasai pasar.
2. Barang yang dijual
dapat berupa brang homogen atau berbeda corak.
3. Terdapat halangan
masuk yang cukup kuat bagi perusahaan di luar pasar untuk masuk kedalam pasar.
Satu diantara para oligopolis merupakan market leader yaitu penjual yang
mempunyai pangsa pasar terbesar.
Macam-macam oligopoli:
Oligopoli murni yang
ditandai beberapa perusahaan yang menjual produk homogen.
Oligopoli dengan perbedaan
yang ditandai beberapa perusahaan menjual produk yang dapat dibedakan.
Dampak negatif oligopi
terhadap perekonomian:
Keuntungan yang yang
terlalu besar bagi produsen dalam jangka panjang
Timbul inifisiensi
produksi
Eksploitasi terhadap
konsumen dan karyawan perusahaan
Harga tinggi yang
relatif stabil (sulit turun) menunjang inflasi yang kronis
Kebijakan pemerintah
dalam mengatasi oligopoli
Pemerintah mempermudah
masuknya perusahaan baru untuk masuk kepasar untuk menciptakan persaingan
Diberlakukannya
undang-undang anti kerja sama antar produsen.
c. Pasar Duopoli
pasar duopoly adalah
Suatu pasar yang dimana suatu barang dikuasi oleh dua buah perusahaan, Contoh :
Penawaran minyak pelumas dikuasai oleh Pertamina dan Caltex.
Ciri-ciri pasar duopoli,
yaitu:
1) terdapat dua penjual dan banyak pembeli,
2) harga ditentukan secara sepihak oleh kedua
penjual baik dengan kesepakatan atau tidak.
d. Pasar Monopolistik
Pasar monopolistik
adalah suatu struktur pasar di mana terdapat banyak produsen yang menjual
produk yang sama, tetapi dengan berbagai macam variasi. Ciri-ciri pasar monopolistic yaitu:
· Terdapat banyak produsen atau penjual
· Promosi penjualan harus aktif
e. Pasar Monopsoni
Pasar monopsoni adalah
dimana satu pelaku usaha menguasai penerimaan pasokan atau menjadi pembeli
tunggal atas barang atau jasa dalam suatu pasar.
Contoh: Di Indonesia
seperti PT. Kerata Api Indonesia yang merupakan satu-satunya pembeli alat-alat
kereta api.
Ciri-ciri pasar monopsoni yaitu:
· Pembeli memiliki kekuatan dalam
menentukan harga
· Bentuk interaksi antara permintaan dan
penawaran dimana permintaannya hanya satu perusahaan
· Satu pelaku usaha menguasai
penerimnaan pasokan atau menjadi pembeli tunggal atas barang dan jasa dalam
suatu pasar komoditas
f. Pasar Oligopsoni
Pasar oligopsoni adalah
keadaan dimana dua atau lebih pelaku usaha menguasai penerimaan pasokan atau
menjadi pembeli tunggal atas barang dan/atau jasa dalam suatu pasar.
Ciri-ciri pasar oligopsoni yaitu:
· Terdapat beberapa pembeli
· Pembeli bukan konsumen tetapi pedagang
· Barang yang dijual merupakan bahan
mentah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar