Jumat, 01 Mei 2015

Struktur pasar

Struktur pasar

Struktur pasar merupakan penggolongan pasar berdasarkan strukturnya. Dibagi kedalam beberapa bagian yaitu:

Pasar persaingan sempurna: Jenis pasar dengan jumlah penjual dan pembeli yang banyak dan produk yang dijual bersifat homogen. Persaingan akan terjadi apabila penjual dan pembeli dalam jumlah besar mengadakan saling hubungan secara aktif dengan maksud memaksimumkan keuntungan dan kepuasan atas dasar harga-harga yang ditentukan oleh penawaran dan permintaan. Contoh produknya seperti beras,gandum, dan kentang. Pasar persaingan sempurna memiliki ciri-ciri :

·         Jumlah penjual dan pembeli banyak
·         Barang yang dijual bersifat homogen
·         Penjual bersifat mengambil harga (price taker)
·         Posisi tawar komsumen kuat
·         Sulit memperoleh keuntungan di atas rata-rata
·         Sensitif terhadap perubahan harga
·         Mudah untuk masuk dan keluar dari pasar

Pasar persaingan tidak sempurna yang terdiri atas:
·         Pasar monopoli: Hanya terdapat satu penjual yang menguasai pasar.
·         Pasar oligopoli: Pasar di mana penawaran satu jenis barang dikuasai oleh beberapa perusahaan. Umumnya jumlah perusahaan lebih dari dua tetapi kurang dari sepuluh.

·         Pasar duopoli: Memiliki karakteristik yang sama dengan oligopoli, namun pada Pasar duopoli hanya ada dua perusahaan.

·         Pasar persaingan monopolistik Bentuk pasar di mana terdapat banyak produsen yang menghasilkan barang serupa tetapi memiliki perbedaan dalam beberapa aspek.

·         Pasar monopsoni Jenis pasar dimana hanya ada satu pembeli.
·         Pasar oligopsoni adalah bentuk pasar dimana barang yang dihasilkan oleh beberapa perusahaan dan banyak perusahaan yang bertindak sebagai konsumen.

Pengertian Pasar
   Pasar adalah sebagai tempat bertemunya antara penjual dan pembeli. mereka saling melakukan interaksi dan terjadi tawar menawar untuk menemukan harga yang disepakati antara penjual dan pembeli dan uang sebagai alat untuk menukar barang.


1.    Pasar Nyata
    Tempat bertemunya penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi jual beli barang atau jasa. Dalam hal ini pembeli dan menjual melakukan transaksi secara langsung. Contoh : pasar tradisional dan pasar swalayan.
2.    Pasar Abstrak
Dalam hal pasar abstrak,disini jual beli tidak selalu terjadi dipasar saja tapi dalam pasar abstrak ini kegiatan jual beli bisa dilakukan melalui internet seperti online shop.
3.    Pasar Modernam
Pasar ini bersifat modern, dimana barang yang ditawarkan sudah harga pas dan tidak bisa ditawar lagi, tapi kita akan mendapatkan potongan jika ada diskon, pasar mpdernam ini dapat kita temukan di mall/plaza:
1.      Pasar Persaingan Sempurna
Pasar dimana terdapat banyak penjual dan pembeli dan produk yang diperjual belikan bersifat homogen.
Contoh : pasar hasil pertanian seperti beras dan sayur mayur.
2.      Pasar Persaingan Tidak Sempurna
Bentuk-bentuk pasar persaingan tidak sempurna:

a.      Pasar Monopoli
     Pasar monopoli adalah suatu bentuk pasar di mana hanya terdapat satu penjual yang menguasai pasar. Penentu harga pada pasar ini adalah seorang penjual atau sering disebut sebagai "monopolis". apabila permintaan barang banyak maka harga jual akan naik dan justru sebaliknya.
Ciri-ciri pasar monopoli yaitu:
1. hanya ada satu produsen yang menguasai penawaran
2. tidak ada barang subtitusi/pengganti yang mirip (close substitute)
3. produsen memiliki kekuatan menetukan harga
4. tidak ada pengusaha lain yang memasuki pasar tersebut karena ada hambatan berapa keunggulan perusahaan.

b.     Pasar Oligopoli.
Pasar oligopoli adalah pasar yang hanya terdiri atas beberapa penjual untuk suatu barang tertentu, sehingga antara penjual yang satu dengan yang lainnya bisa memengaruhi harga.
Contoh: perusahaan menjual mobil dan sepeda motor, perusahaan    rokok, industri telekomunikasi dan perusahaan semen .
Ciri - ciri pasar Oligopoli yaitu:
1. Terdapat banyak penjual/ produsen ya ng menguasai pasar.
2. Barang yang dijual dapat berupa brang homogen atau berbeda corak.
3. Terdapat halangan masuk yang cukup kuat bagi perusahaan di luar pasar untuk masuk kedalam pasar. Satu diantara para oligopolis merupakan market leader yaitu penjual yang mempunyai pangsa pasar terbesar.
Macam-macam oligopoli:
Oligopoli murni yang ditandai beberapa perusahaan yang menjual produk homogen.
Oligopoli dengan perbedaan yang ditandai beberapa perusahaan menjual produk yang dapat dibedakan.
Dampak negatif oligopi terhadap perekonomian:
Keuntungan yang yang terlalu besar bagi produsen dalam jangka panjang
Timbul inifisiensi produksi
Eksploitasi terhadap konsumen dan karyawan perusahaan
Harga tinggi yang relatif stabil (sulit turun) menunjang inflasi yang kronis
Kebijakan pemerintah dalam mengatasi oligopoli
Pemerintah mempermudah masuknya perusahaan baru untuk masuk kepasar untuk menciptakan persaingan
Diberlakukannya undang-undang anti kerja sama antar produsen.

c.       Pasar Duopoli
pasar duopoly adalah Suatu pasar yang dimana suatu barang dikuasi oleh dua buah perusahaan, Contoh : Penawaran minyak pelumas dikuasai oleh Pertamina dan Caltex.

Ciri-ciri pasar duopoli, yaitu:
1)    terdapat dua penjual dan banyak pembeli,
2)    harga ditentukan secara sepihak oleh kedua penjual baik dengan kesepakatan atau tidak.

d.      Pasar Monopolistik
Pasar monopolistik adalah suatu struktur pasar di mana terdapat banyak produsen yang menjual produk yang sama, tetapi dengan berbagai macam variasi.  Ciri-ciri pasar monopolistic yaitu:
·         Terdapat banyak produsen atau penjual
·         Promosi penjualan harus aktif

e.       Pasar Monopsoni
Pasar monopsoni adalah dimana satu pelaku usaha menguasai penerimaan pasokan atau menjadi pembeli tunggal atas barang atau jasa dalam suatu pasar.
Contoh: Di Indonesia seperti PT. Kerata Api Indonesia yang merupakan satu-satunya pembeli alat-alat kereta api.
  Ciri-ciri pasar monopsoni yaitu:
·         Pembeli memiliki kekuatan dalam menentukan harga
·         Bentuk interaksi antara permintaan dan penawaran dimana permintaannya hanya satu perusahaan
·         Satu pelaku usaha menguasai penerimnaan pasokan atau menjadi pembeli tunggal atas barang dan jasa dalam suatu pasar komoditas

f.        Pasar Oligopsoni
Pasar oligopsoni adalah keadaan dimana dua atau lebih pelaku usaha menguasai penerimaan pasokan atau menjadi pembeli tunggal atas barang dan/atau jasa dalam suatu pasar.
 Ciri-ciri pasar oligopsoni yaitu:
·         Terdapat beberapa pembeli
·         Pembeli bukan konsumen tetapi pedagang
·         Barang yang dijual merupakan bahan mentah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar