Pengertian Elastisitas
Elastisitas
merupakaan ukuran sejauh mana pembeli dan penjual bereaksi terhadap perubahan
kondisi yang ada. Kondisi yang dimaksud berkaitan dengan perubahan harga.
Dengan kata lain, elastisitas merupakan derajat kepekaan permintaan dan
penawaran terhadap perubahan harga.
Mengapa elastisitas
perlu dikaji lebih mendalam oleh sebuah perusahaan atau industri?
Karena konsep
elastisitas itu adalah untuk meramalkan apa yang akan terjadi jika harga barang
atau jasa dinaikkan.
Pengetahuan akan konsep
elastisitas ini sangat penting bagi produsen sebagai pedoman untuk tindakan
yang akan ia lakukan yang berkaitan dengan konsumen, misalnya menaikkan harga.
Hal ini penting dipahami produsen karena sangat berkaitan dengan berapakah perolehan
penjualan (pendapatan) yang akan ia peroleh.
Jika dengan menaikkan
harga, permintaan konsumen menurun dalam jumlah kecil, kenaikkan harga akan
menutupi biaya produksi sehingga produsen masih mendapatkan keuntungan. Tetapi
jika dengan menaikkan harga, permintaan konsumen menurun dalam jumlah yang
sangat besar, maka produsen akan menderita kerugian.
Dengan demikian,
produsen akan berfikir ulang jika ingin menaikkan harga produknya sepuluh
persen, dua puluh persen, atau seterusnya.
Pengertian Elastisitas Permintaan dan
Penawaran
Elastisitas permintaan
Pengertian Elastisitas permintaan menggambarkan derajat kepekaan fungsi permintaan terhadap perubahan yang terjadi pada variabel-variabel yang mempengaruhinya.
Macam Elastisitas Permintaan
1. Elastisitas Harga (barang sendiri) atau lengkapnya elastisitas harga dari permintaan atau elastisitas permintaan terhadap harga.
Elastisitas Harga yaitu suatu konsep yang dimaksudkan untuk mengukur derajaat perubahan kuantitas barang yang dibeli sebagai akibat perubahan harga barang tersebut.
Macam Elastisitas Harga :
a. Elastisitas Titik (Point Elasticity)
b. Elastisitas busur (arc elasticity)
2. Elastistas Harga Silang
Elastisitas harga silang yaitu merupakan derajat kepekaan permintaan barang X terhadap perubahan harga barang lain.
3. Elastisitas Pendapatan
Elastisitas pendapatan yaitu merupakan derajat kepekaan permintaan barang X terhadap perubahan pendapatan atau anggaran belanja konsumen.
Elastisitas Penawaran
Pengertian Elastisitas
harga penawaran mengukur seberapa banyak penawaran barang dan jasaberubah
ketika harganya berubah atau mengukur seberapa besar perubahan jumlah yang
ditawarkan sebagai respons terhadap perubahan harga. Elastistas harga
ditunjukkan dalam bentuk prosentase perubahan atas kuantitas yang ditawarkan
sebagai akibat dari satu persenperubahan harga.
Macam-macam elastisitas
penawaran yaitu:
- Relatif Elastis ( elastic / relatively elastic
Es > 1)adalah suatu keadaan ketika tingkat perubahan jumlah yang
ditawarkan adalah lebih besar daripada tingkat perubahan harga.
Jelasnya,dalam elastisitas yang elastis ini,presentase perubahan
harga yang hanya sedikit saja telah cukup untuk mengubah jumlah yang
ditawarkan dengan perubahan yang relatif banyak.
- Inelastis ( Relatively inelastic / Es < 1 )adalah
suatu keadaan ketika tingkat perubahan jumlah yang ditawarkan lebih
kecil daripada tingkat perubahan harga. Dengan perkataan lain,
perubahan harga berpengaruh kecil terhadap perubahan jumlah barang
yang ditawarkan.
- Elastisitas Satu ( Unit Elasticity / E = 1 )adalah
suatu keadaan dimana tingkat perubahan jumlah yang ditawarkan sama
dengan tingkat perubahan harga. Pengertiannya adalah bahwa jika harga
berubah.misalnya dengan perubahan 5 %,jumlah yang ditawarkan pun akan
berubah dengan tingkat perubahan sebesar 5% pula.
- Elastisitas Sempurna ( prefect / invinitive
elaticity / Es = takterhingga ) adalah suatu keadaan ketika berapa
pun jumlah barang yang akan di tawarkan pada suatu tingkat harga
tertentu. Dengan perkataan lain, tidaklah perlu untuk meninggikan
harga agar jumlah barang yang ditawarkan menjadi lebih besar.
- Inelastis Sempurna ( Absolutely inelastic atau
E = 0 )adalah suatu keadaan ketika jumlah yang ditawarkan tidak akan
mengalami perubahan sekalipun terjadi perubahan tingkat harga atau
dengan perkataan lain,perubahan harga tidak membawa akibat apapun
terhadap jumlah yang ditawarkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar