ISD
SEBAGAI SALAH SATU MKDU ( MATA KULIAH DASAR UMUM )
Pendidikan tinggi diharapkan dapat
menghasilkan sarjana-sarjana yang mempunyai seperangkat kemampuan yang terdiri
atas :
1. Kemampuan Akademik,
2. Kemampuan Profesi dan
3. Kemampuan Pribadi
Dengan seperangkat kemampuan yang dimiliki
tersebut diatas lulusan perguruan tinggi diharapkan menjadi sarjana yang
surjana yaitu sarjana yang cakap dan ahli dalam bidang yg ditekuninya.
Kemampuan profesi yaitu mata-mata kuliah
yang diberikan menurut bidang ilmu pengetahuan masing-masing yang di berikan di
perguruan tinggi, di samping kegiatan-kegatan kokurikuler yang menunjang
kegiatan kurikuler.
Kemampuan pribadi tergabung dalam Mata
Kuliah Dasar Umum (MKDU) yang terdiri atas mata-mata kuliah :
· Pancasila
· Agama
· Kewiraan
· Pendididkan sejarah perjuangan bangsa
· Ilmu Alamiah Dasar (IAD)
· Ilmu Sosial Dasar (ISD)
· Ilmu Budaya Dasar (IBD)
Secara spesifikasi kemampuan pribadi yang
hendak dicapai melalui MKDU bertujuan menghasilkan warga negara Sarjana yg bekualitas :
a. Taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, bersikap
dan bertindak sesuai ajaran agamaya, dan memiliki tenggang rasa terhadap
pemeluk agama lain.
b. Berjiwa pancasila sehingga segala
keputusan serta tindakannya mencerminkan nilai-nilai Pancasila dan memiliki
integritas kepribadian tinggi yg mendahulukan kepentingan Nasional dan
Kemanusiaan.
c.
Memiliki
wawasan Sejarah Perjuangan Bangsa, sehingga dapat memperkuat semangat kenbangsaan,
memeprtebal rasa cinta tanah air, meningkatkan kesadaran berbangsa dan
bernegara,mempertinggi kebangsaan nasional dan kemanusiaan sebagai sarjana
Indonesia.
d. Memiliki wawasan komprehensif dan
pendekatan integral di dalam menyikapi permasalahan kehidupan, baik social,
ekonomi, politik, pertahanan keamanan maupun kebudayaan.
e.
Memiliki
wawasan yang luas tentang kehidupan bermasyarakat, dan secara bersama-sama
mampu berperan serta meningkatkan kualitasnya, maupun tentang lingkungan
alamiah erta bersama-sama berperan serta di dalam pelestariannya.
Tema pokok perkuliahan ISD sebagai bagian
dari MKDU adalah hubungan timbal balik antara manusia dan lingkungannya.
Pengertian Ilmu social dasar adalah pengetahuan yang menelaah
masalah-masalah sosial, khususnya yang diwujudkan oleh masyarakat Indonesia
dengan menggunakan pengertian-pengertian (fakta, konsep, teori) yang berasal
dari berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu-ilmu social
seperti : sejarah,ekonomi, geografi, sosial, sosiologi, antropologi, psikologi
sosial.
Tujuan Ilmu sosial dasar ialah membantu perkembangan wawasan
penalaran dan kepribadian mahasiswa agar memperoleh wawasan yang lebih luas dan
ciri-ciri kepribadian yang mengharapkan dari sikap mahasiswa , khususnya
berkenaan dengan sikap dan tingkah laku manusia dalam menghadapi
manusia-manusia lainnya, serta sikap dan tingkah laku manusia-mnusia lain
terhadap manusia yang bersangkutan secara timbal balik. untuk memahami dan
menyadari adanya kenyataan sosial dalam masyarakat dan masalah sosial dalam
masyarakat merupakan masalah yang kompleks.
Dalam perkembangannya, ISD banyak
berkonsentrasi pada urusan masalah sosial, menurut Soerjono Soekanto masalah
sosial adalah suatu ketidaksesuaian antara unsur-unsur kebudayaan atau
masyarakat, yang membahayakan kehidupan kelompok sosial. Jika terjadi bentrokan
antara unsur-unsur yang ada dapat menimbulkan gangguan hubungan sosial seperti
kegoyahan dalam kehidupan kelompok atau masyarakat.
Ilmu Sosial Dasar dan Ilmu Pengetahuan
Sosial :
Ilmu Sosial Dasar (ISD) dan Ilmu
pengetahuan sosial (IPS) kedua-duanya mempunyai persamaan dan perbedaan yaitu.
Persamaan ISD dan IPS yaitu :
a. Kedua-duanya merupakan bahan studi
untk kepentingan program.
b. Keduanya bukan disiplin ilmu yang
berdiri sendiri.
c. Keduanya mempunyai materi yang terdiri
dari kenyataan sosial dan masalah sosial.
Perbedaan ISD dan IPS yaitu :
a. Ilmu sosial dasar diberikan di Perguruaan
Tinggi, Ilmu Pengetahuan Sosial diberikan di sekolah dasar dan sekolah
lanjutan.
b. Ilmu sosial dasar merupakan mata kuliah
tunggal sedangkan ilmu pengetahuan sosial dasar merupakan kelompok dari
sejumlah mata pelajaran (untuk sekolah lanjutan).
c.
Ilmu
Sosial dasar diarahkan kepada pembentukan sikap dan kepribadian, sedang ilmu
pengetahuan social diarahkan kepada pembentukan pengetahuan dan keterampilan
intelektual.
Ruang Lingkup Ilmu Sosial Dasar
Bahan pelajaran Ilmu Sosial Dasar dapat
dibedakan 3 golongan :
1. kenyataan-kenyataan social yang ada dalam
masyarakat, yang secara bersama-sama merupakan masalah social tertentu.
2. konsep-konsep social atau
pengertian-pengertian tentang kenyataan-kenyataan social dibatasi pada konsep
dasar atau elemnter saja yang sangat diperlukan untuk mempelajari
masalah-masalah social yang dibahas dalam Ilmu Pengetahuan Sosial.
3. masalah-masalh yang timbul dalam
masyarakat, biasanya terlibat dalam berbagai kenyataan-kenyataan social yang
antara yang satu dengan yang lainnya berbeda.
Masalah sosial merupakan sesuatu yang
bersifat destruktif yang harus segera disudahi. Walaupun itu berarti tidak
mungkin, tapi paling tidak dapat meminimalisirnya. Maka barang tentu dibutuhkan
pendidikan ilmu sosial dasar (ISD) sebagai salah satu mata kuliah dasar umum di
sekolah (MKDU). Karena seperti kita ketahui, kita tidak dapat mengandalkan hanya
berkonsentrasi pada disiplin ilmu tertentu saja untuk menghasilkan seorang
terdidik yang berkualitas dan seimbang serta tidak meninggalkan kaidah-kaidah
yang berlaku dimasyarakat. Selanjutnya akan lebih baik, kalau ilmu sosial dasar
dapat disampaikan di sekolah secara riil dengan penyampaian berdasarkan contoh
atau kalau perlu terjun langsung pada praktek. Sehingga tidak hanya berkutat
pada bidang teori yang bahwasanya hal itu sangat tidak efektif dan bersifat
berputar-putar pada kata-kata yang belum tentu tahu maknanya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar